Pages

Sunday, October 9, 2016

APLIKASI NILAI MENGGUNAKAN BAHASA PEMROGRAMAN C



Keterangan Program :

  • #include <stdlib.h>

    Contoh di atas merupakan header. Nah saya akan jelaskan.

    Perintah header, selalu dimulai dengan “#include” lalu diikuti dengan “<….>” yang nanti akan diisi dengan nama brankas/library tertentu… misalnya, dalam pemrograman saya membutuhkan perintah untuk mencetak sesuatu dalam program seperti perintah “printf”, maka saya harus menuliskan “<stdio.h>” dalam Header. Selain <stdio.h> masih ada library lainnya seperti “<iostream>”, “<conio>”, “<string.h>”, dst…
  • int main(){

    Fungsi yang saya gunakan adalah funsi “main()”. Di dalam fungsi, nantinya kita akan menuliskan program kita dalam bahasa c tentunya…hahahaha…..
    Ingat!! Setelah menulis main(), kalian harus menuliskan “{“ pada awal dan “}” pada akhir program, karena tanda itu berfungsi sebagai penanda awal dan akhir dari program kalian.
  • Float adalah tipe data angka yang memiliki bagian desimal di akhir angka.
  • Perintah “printf”
    Perintah ini berfungsi untuk mencetak keluar apa yang ingin disampaikan kepada pemakai program. Contoh pemakaiannya:
    printf(“Belajar pemrograman yuk”);
    Perintah di atas, berfungsi untuk menampilkan tulisan “Belajar pemrograman yuk” dalam program yang kita buat nantinya.  
  • Perintah “scanf”
    Perintah ini berfungsi untuk membaca masukan dari luar. Contoh pemakaiannya:
    scanf(“%d”, &Luas);
    Arti dari perintah di atas adalah bahwa program akan membaca nilai yang dimasukkan dari luar (pemakai program) sebagai sebuah bilangan bulat dan nilai tersebut akan dimasukkan dalam variabel ”Luas”.
    Apa sich artinya %d??
    %d menyatakan tipe variabel yang akan dibaca oleh program adalah tipe variabel integer (bilangan bulat). Masih ada tipe varibel yang lain seperti %f untuk tipe variabel pecahan, dst…
    Sedangkan perintah &Luas, artinya nilai yang dimasukkan dari pemakai akan langsung disimpan dalam variabel Luas. Jadi, misalnya nilai yang masuk dari luar akan saya masukkan dalam variabel “panjang”, maka penulisannya berubah menjadi &panjang.
    Nah, kurang lebih itu semualah dasar dari pemrograman. Untuk lebih jelasnya, saya akan menampilkan sebuah kode program untuk kalian.
  • Return 0 Digunakan untk membalikan nilai / mengakhiri program.

0 comments:

Post a Comment